Perangkat Kelurahan


LEBE

LEBE adalah Petugas Lepas di Desa/Kelurahan yang diangkat oleh Lurah/Kades setempat yang dilakukan melalui musyawarah untuk mufakat. Tugas Lebe Sangat VITAL di Institusi Kelurahan/Desa, sehingga kadang keberadaanya sulit ditemukan, karena seorang Lebe dituntut untuk bisa mengerjakan segala macam hal, mulai dari MEMANDIKAN JENAZAH, MEMIMPIN SUATU ACARA, MEMBACAKAN DOA dan lain sebagainya.

Persyaratan jadi seorang LEBE minimal harus berusia 20 – 42 tahun selebihnya tidak bisa. Yang lebih utama dan penting menjadi catatan seorang Lebe harus paham betul soal AGAMA, karena lebe harus siap memimpin DOA apabila ada orang yang mati atau meninggal dunia.

Demikian juga sosok lebe sebaiknya orang lokal, tapi kalau dirasa sulit ditemukan yang menimbulkan kekosongan fungsi lebe disuatu kelurahan atau desa akibat dari sulit ditemukannya sosok Lebe bisa diambil dari Desa Tetangga atau lain desa yang kemudian dirembug melalui rapat Desa/Kelurahan untuk mencari solusi agar sosok keberadaan Lebe bisa terwujud.

Demikian, semoga bermanfaat, …

LEBE KEBERADAANYA SANGAT VITAL DI SUATU DESA/KELURAHAN — seorang LEBE harus dituntut propesional, dimana dia harus menguasai ADAT-ISTIADAT diwilayahnya yang menjadi tanggung jawabnya. Seorang lebe harus mampu hafalan-hafalan doa, baik doa kematian maupun doa2 yang lain seperti doa PERGI dan KEPULANGAN haji, mulane mencari sosok lebe gampang-gampang susah, karena kebanyakan disuatu desa/kelurahan minim sekali soal orang menguasai agama, kalaupun ada belum tentu mau, karena memang kinerja seorang lebe belum ada perhatian pemerintah soal kesejahteraan, ..
Saya yang berpengalaman kerja di institusi yang paling bontot dipemerintahan mengerti betul, bahwa seorang Lebe banyak tugas-tugas yang harus diurus ketika ada warganya meninggal dunia, atau acara-acara lain yang tidak mengenal waktu, tapi disisi lain masalah kesejahteraan mengandalkan dari sumbangsih dimana dia bekerja yang tak kenal waktu dan pecingan-pecingan dari warga yang disambatnya hanya sekedar buat beli rokok, tapi yah itulah pengabdian seorang LEBE yang patut kita hargai sebagai Aparat Desa/Kelurahan yang perlu menjadi perhatian, …
HORAAAAS, .. !!! … LEBE.. PENGABDIAN YANG RUAAAAR BIASAAA, MEMANG, … !!??

LEBE LEBE adalah Petugas Lepas di Desa/Kelurahan yang diangkat oleh Lurah/Kades setempat yang dilakukan melalui musyawarah untuk mufakat. Tugas Lebe Sangat VITAL di Institusi Kelurahan/Desa.
Jangan salah pak, Lebe atau kasi kesra, walaupun menurut jenengan pekerjaan abot tapi kesejahteraan juga tercukupi, TPAD dan bengkok dapat. Dan warga sekarang dlm memberikan amplop misal untuk satu acara juga sudah baik. Malah banyak jaban utk Lebe ketimbang perangkat desa liyane, …