KEBERADAAN LEBE DI DESA / KELURAHAN


LEBE adalah Petugas Lepas di Desa/Kelurahan yang diangkat oleh Lurah/Kades setempat yang dilakukan melalui musyawarah untuk mufakat. Tugas Lebe Sangat VITAL di Institusi Kelurahan/Desa, sehingga kadang keberadaanya sulit ditemukan, karena seorang Lebe dituntut untuk bisa mengerjakan segala macam hal, mulai dari MEMANDIKAN JENAZAH, MEMIMPIN SUATU ACARA, MEMBACAKAN DOA dan lain sebagainya.

Persyaratan jadi seorang LEBE minimal harus berusia 20 – 42 tahun selebihnya tidak bisa. Yang lebih utama dan penting menjadi catatan seorang Lebe harus paham betul soal AGAMA, karena lebe harus siap memimpin DOA apabila ada orang yang mati atau meninggal dunia.

Demikian juga sosok lebe sebaiknya orang lokal, tapi kalau dirasa sulit ditemukan yang menimbulkan kekosongan fungsi lebe disuatu kelurahan atau desa akibat dari sulit ditemukannya sosok Lebe bisa diambil dari Desa Tetangga atau lain desa yang kemudian dirembug melalui rapat Desa/Kelurahan untuk mencari solusi agar sosok keberadaan Lebe bisa terwujud.

Demikian, semoga bermanfaat, …

Iklan

Tentang dinsosnakertransbrebes

Badan Narkotika Kabupaten Brebes
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s