Layanan Kesehatan


  1. BELKAGA – Bulan Eliminasi Kaki Gajah

Program BELKAGA adalah merupakan Program Nasional yang dilakukan diseluruh Indonesia. Penduduk Indonesia beresiko tinggi terkena penyakit Kaki Gajah karena Indonesia sebagai indemik penyakit yang mengakibatkan kaki penderita penyakit ini menbengkak besar seperti kaki gajah.
Dinkes Kabupaten Brebes melalui Puskesmas Kaligangsa memberikan pelayanan kesehatan untuk pencegahan penyakit kaki gajah kepada warga Keluruhan Limbangan Kulon bulan JULI 2017 yang lalu.

Program ini diberikan kepada anak usia 2 – 6 tahun, 7 – 14 tahun dan usia 15 tahun sampai 70 tahun. Syarat untuk minum obat Kaki Gajah ini kondisi Anak harus sehat tak ada gangguan penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, diare atau panas, sedangkan untuk orang dewasa tidak mempunyai penyakit seperti jantung, darah tinggi, atau diabetes melitus.

Pentakit Kaki Gajah disebabkan akibat terinfeksi CACING FILARIA.

ada dua jenis obat yang diberikang kepada warga untuk mencegah penyakit Kaki Gajah, yakni berbentuk PUYER dan TABLET. Untuk anak usia dua tahun sampai enam tahun obatnya berbentuk puyer, sedangkan untuk usia 7 tahun hingga 70 tahun berupa tablet, dan obat ini dosisnya cukup sekali minum saja.

Demikian, semoga bermanfaat, …

2. IMUNISASI Campak dan Rubela

Bagi Anda yang mempunyai Anak BALITA dan REMAJA , Hubungi Posyandu Terdekat di Desa/Kelurahan dimana Anda tinggal, Awal bulan Agustus Program ini dilaksanakan.